biodata Kimi Raikkonen

Kimi Raikkonen



Quote:
Nama: Kimi Matias Raikkonen
Tanggal lahir: 17 Oktober 1979
Tempat lahir: Espoo
Kebangsaan: Finlandia
Orangtua : Paula dan Matti
Istri : Jenni Dahlman
Warna rambut: blonde/pirang
Warna mata: Biru
Panggilan: Iceman, Kimppa, Rakka, Kimster (panggilan dari mekanik mobil di McLaren)
Tinggi: 178 cm
Hobi : Snowboarding, Lari Pagi, Hoki Es, pergi ke tempat olahraga, moto x
Debut Grand Prix : GP Australia (2001)
Podium Pertama : GP Australia, Posisi 3 (2002)
Kemenangan Pertama : GP Malaysia (2003)
Juara Dunia tahun 2007

BIOGRAFI

Kimi Matias Raikkonen, lahir pada tanggal 17 Oktober 1979 di Espoo, Finlandia. Ia adalah seorang pembalap mobil Formula 1 yang membalap untuk tim Ferrari. Kimi menyelesaikan kejuaraan F1 World Driver's pada tahun 2003 dan tahun 2005 di posisi ke dua.

Sebelumnya Kimi membalap untuk tim Sauber Petronas pada tahun 2001 dan tim McLaren Mercedes selama tahun 2002-2006. Dan sekarang ia membalap untuk tim Ferrari dimana ia di kontrak sampai akhir musim tahun 2009.

Kimi memulai karirnya pada usia 10 tahun di balapan karting, termasuk juga menempati posisi ke-2 di kejuaran Eropa Formula Super A pada tahun 1999. Pada tahun itu Kimi juga berkompentisi di Formula Ford Euro Cup, dan pada saat usianya 20 ia telah memenangkan British Formula Renault. Tahun 2000, ia memenangkan tujuh dari sepuluh balapan di kejuaraan Formula Renault UK.

Pada tahun 2001, Kimi bergabung bersama tim Sauber. Lalu pada tahun 2002, Kimi bermain untuk McLaren. Pada penampilan pertamanya bersama McLaren, Kimi berada di podium ke-3 pada saat Grand Prix Australia tahun 2002.

Kimi bermain bersama tim McLaren sampai tahun 2006. Setelah Grand Prox Italia 2006, Kimi bergabung bersama Scuderia Ferrari dan di kontrak selama tiga tahun selama musim 2007-2009.

Karier Formula 1
2001: Sauber-Petronas
2002–06 McLaren-Mercedes
2007–09: Scuderia Ferrari
2012–kini: Lotus Renault GP

karier Balapan lain
WRC
NASCAR

Kontroversi
Izin balapan
Sejak awal kariernya di ajang F1, Kimi Raikkonen sudah dibalut dengan kontroversi. Kontroversi pertama yang meliputi dirinya adalah seputar superlicence (izin membalap), dimana beberapa tim merasa khawatir dengan pengalaman balapan Kimi Raikkonen yang sangat minim, dimana ia hanya turun 23 kali saja di ajang junior sebelum masuk ke F1.

Gaya hidup
Akhir musim 2004, dan Kimi sedang berlibur di sebuah kepulauan tropis dengan kapal pesiarnya. Ia lantas bertindak ceroboh dengan kebanyakan minum minuman keras. Dan kemudian dari bagian atas kapal pesiarnya, Kimi kemudian jatuh ke bagian dek dikarenakan mabuk. Insiden ini kemudian diabadikan dalam bentuk video singkat, yang kemudian menyebar keseluruh dunia secara cepat. Kimi sendiri hanya menanggapi dingin masalah ini.
Bulan Februari 2005, lagi-lagi Kimi terlibat kasus. Kali ini di Gran Canaria Spanyol, bersama istrinya Jenni Dahlmann, Kimi tertangkap basah kembali mabuk-mabukan dan berpesta sampai fajar menyingsing. Ia kemudian tertangkap basah wartawan dalam keadaan mabuk berat, dengan pakaian yang hanya mengenakan celana pendek saja sambil memeluk sebuah balon lumba-lumba.

Statistik
Musim ke musim
1999: Gokart Formula A Eropa – posisi kedua
2000: Formula Renault – juara umum
2001: Formula 1 – Sauber-Petronas (9 poin – posisi 10)
2002: Formula 1 – McLaren-Mercedes (24 poin – posisi 6)
2003: Formula 1 – McLaren-Mercedes (91 poin – posisi 2)
2004: Formula 1 – McLaren-Mercedes (45 poin – posisi 7)
2005: Formula 1 – McLaren-Mercedes (112 poin – posisi 2)
2006: Formula 1 – McLaren-Mercedes (65 poin – posisi 5)
2007: Formula 1 – Ferrari (110 poin – juara dunia)
2008: Formula 1 – Ferrari (75 poin - posisi 3)
2009: Formula 1 – Ferrari (48 poin - posisi 6)
2010: Reli Dunia – Citroen Junior (25 poin - posisi 10)
2011: Reli Dunia - ICE 1 Racing-Citroen

F1 Racing MOTY Awards
2001: Rookie of the Year
2002: Overtake Action of the Year
2004: Drive of the Year
2005: Drive of the Year, Driver of the Year
2006: Overtake Action of the Year
2007: Start of the Year

Rekor
◘Mencatat tujuh kemenangan di F1 tanpa memenangi gelar dunia, menyamai rekor Alain Prost pada 1984 dan 1988, serta Michael Schumacher pada 2006.
◘Pembalap termahal di F1 dan di tim Ferrari dengan gaji mencapai US$ 51 juta di musim 2007 (Michael Schumacher menyusul di posisi kedua dan Fernando Alonso di posisi 3).
◘Menyamai rekor Nigel Mansell pada 1989 sebagai pembalap baru Ferrari yang sukses memenangi lomba di GP pertamanya untuk Ferrari saat ia menang di Australia.
◘Menyamai rekor Jody Scheckter (1979) sebagai pembalap baru Ferrari yang langsung meraih gelar dunia di musim pertamanya.
◘Mencatat 11 fastest lap dalam semusim, rekor baru di Formula 1.
◘Menyamai catatan Carlos Reutemann yang berhasil meraih angka baik di balapan F1 maupun di reli WRC.
Previous
Next Post »

Orang Bijak Dan Pintar, Selalu Memberikan Komentar...
Komentar Pun Pastilah "No Junk, No SPAM, N No Porn" ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment