Melindungi Virus berasal dari Flashdisk

Cara Melindungi Laptop dari virus FlashDisk



Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu.
Virus dapat menyebar melalui Disket, FlashDisk,  Jaringan ( LAN, WAN,dsb), internet, Software yang Freeware, Shareware  dan Attachment pada email. Disini penulis akan memilih tentang penyebaran virus yang terjadi oleh FlashDisk. Flashdisk sendiri memiliki pengertian sebagai perangkat output dari pada komputer untuk digunakan dalam hal menyimpan data, file, dokumen penting, dan lain sebagainya. Nama lain dari flashdisk itu sendiri adalah USB Drive, Pen Drive, Microdisk, dan Pocket Drive.
Di dalam perkembangannya saat ini, flashdisk menjadi pilihan utama oleh kebanyakan orang untuk menjadi bahan media penyimpanan, alasannya jelas karena flashdisk memiliki ukuran yang kecil dan mudah dibawa. Namun tahukah anda jika flashdisk juga menjadi tempat yang paling mudah untuk menyebarkan virus? Penyebaran yang mudah dikarenakan penggunaan flashdisk yang kurang berhati-hati. Pemindahan file dari komputer A ke komputer B dengan mudah, biasanya meninggalkan virus yang terbawa. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk melindungi laptop dari serangan virus Flashdisk dan disini saya ingin menuliskan beberapa cara melindungi virus yang masuk dari flashdisk.

1. Gunakan Antivirus


Antivirus sangatlah penting digunakan sebagai pelindung komputer dari berbagai macam virus. Untuk penggunaan antivirus sendiri, saya sarankan menggunakan 2 anti virus (1 lokal dan 1 non lokal) dan ini daftar peringkat antivirus terbaik yang ada menurut blog bilbulsama.
Jadi ketika ada FlashDisk yang masuk, anda bisa melakukan scan terlebih dahulu.

2. berhati-hati dalam bertukar file


Sikap yang penuh kehati-hatian adalah bagus untuk segala hal, salah satunya untuk bertukar file dengan orang lain. Saat bertukar file dengan orang lain menggunakan FD, tidak ada salahnya kalian terlebih dahulu menanyakan ke pemilik FD tentang isi FDnya.

3. Menggunakan software tambahan




Jika ini salah satu saran dari penulis, yaitu menggunakan software tambahan. Ada banyak software tambahan untuk melindungi laptop dari serangan virus yang dibawa oleh FD. Salah satu contohnya adalah Flashdisk Defender
Flashdisk Defender ialah Tool kecil yang memiliki fungsi untuk mencegah virus yang masuk melalui flashdisk.Untuk kalangan pelajar maupun penikmat film yang suka melakukan transaksi melalui Flashdisk (coppy-paste), tool ini sangatlah berguna untuk melindungi virus masuk yang berasal dari Flashdisk. Dapat dibilang software ini termasuk software lama, namun sampai sekarang masih sangat berguna dan software ini gunanya sangat bermanfaat dan bisa disetarakan dengan software premium. Software ini juga sangat ringan dan tidak membutuhkan banyak resource sehingga tidak akan mengganggu kinerja PC kita.

Beberapa fitur yang terdapat dalam Flashdisk Defender
Autorun.inf Cleaner
Recycler Cleaner
Shortcut Cleaner
Hidden Cleaner

Oke langsung aja download softwareya
disini
untuk 32 Bit
untuk 64 Bit
Pass: bilbulsama.blogspot.com

4. Cara Manual

> Windows + R, ketikan gpedit.msc kemudian akan muncul Local Group Policy


> Klik Computer Configuration ==> Administrative Templates ==> Windows Components ==> Klik AutoPlay  Policies




> Pada bagian kanan AutoPlay Policies, klik kanan pada Turn off AutoPlay, dan pilih Edit.


> Kemudian pada jendela baru yang muncul, pilih Enabled dan klik tombol Apply dan OK untuk menyelesaikannya.

Penulis sudah memberikan 4 tips untuk para pembaca, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jika ada yang ingin menambahkan silahkan berikan komentar. Terimakasih.

Previous
Next Post »

Orang Bijak Dan Pintar, Selalu Memberikan Komentar...
Komentar Pun Pastilah "No Junk, No SPAM, N No Porn" ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment